Monday, November 9, 2015

KESIALAN DI HARI SENIN



Hallo guys, balik lagi dengan curhatan guah. Hari Senin merupakan momok paling mengerikan bagi semua pegawai (dan juga anak sekolah) gue. Tapi gue mencoba menikmati hari Senin, well it works well karena gue bisa melalui hari kerja gue lumayan lancar. Namun kesialan malah menimpa gue pas pulang dari kantor. Pas itu gue mesti bayar iuran bulanan buat acara kantor. Sebagai tradisi, tiap bulan tuh anak-anak tiap departemen ngumpulin duit 50 ribu gitu (semacam arisan) tapi uangnya dikumpulin buat dibeliin kado pas ada yang ulang tahun. Nah pas gue ambil uang dari mesin ATM, tiba-tiba kartu gue ketelen. Amsyong deh.


Pertama gue mengira jadi korban kejahatan cyber crime *waaaaaaat* menggunakan mesin ATM. Mungkin ada yang nge-hack mesin ATM-nya terus ada yang ngliatin gue lewat CCTV *paranoid mode on* Gue jadi bertanya-tanya, ada nggak sih yang ngecek isi rekaman CCTV tiap hari? Soalnya gue pernah deh dapet akward moment pas lagi sibuk di ATM, eh kebelet pipis banget. Padahal pas itu gue lagi ada transaksi penting yang nggak bisa gue tinggalin. Mana pas masukin nomer rekening salah mulu lagi, nggak tau apa lagi “emergency” gini.  Jadinya pas nunggu transaksi ATM-nya beres tuh gue jalan modar-mandir, kadang sambil jongkok berdiri (abis dah nggak tahan). Kalo ada satpam ngecek rekaman CCTV-nya takutnya jadi heboh kayak kasus Elisa Lam.

Ekspresi satpam: “AAAAAAK ADA ORANG KESURUPAN AAAAAAK ATM-NYA BERHANTU AAAAAAK!!!”

Well, skip that. Balik lagi ke cyber crime tadi. Gue di sana nggak bisa berbuat apa-apa abis kartu ATM gue ketelen. Pengennya sih  balas dendam dengan nelen mesinnya balik, tapi apa boleh buat, mesinnya kegedean.

Akhirnya gue pulang dengan tangan hampa. Namun gue inget ada call centre bank yang bisa gue hubungin dan akhirnya gue telponlah call centre dan yang jawab maah mas-mas *kan pengennya mbak-mbak hiks* Ama mas-nya gue ditawarin buat blokir rekening. Atutnya rekening gue disalahgunakan terus saldonya nambah *gimana caranya*

Eh sialnya, baru gue selesai ngucapin nomer rekening gue, teleponnya tiba-tiba putus. Ternyata di luar lagi ujan deres dan gara-gara itu sinyalnya jadi lelet. Gue coba telpon lagi call centre-nya eh pas masih dijawab operator otomatis, hape gue metong lagi. Eh ternyata itu gara-gara pulsa gue abis. Sialnya di luar juga lagi ujan deres (dah gue ceritain tadi) jadinya gue nggak bisa keluar cari pulsa. Gue iseng telpon bokap gue minta dikirimin pulsa, eh ternyata tukang pulsa langganan bokap yang biasanya bisa pesen lewat SMS  lagi nungguin istrinya operasi di rumah sakit. Terus di rumah bokap gue juga lagi ujan deres jadi nggak bisa keluar cari pula.

Buset, lengkap kan penderitaan gue. Nggak tau kenapa kesialan terus datang bertubi-tubi. Tapi kalo diliat dengan konsep “The Secret” emang logis sih. Pas kita kena sial, kita cenderung berpikir negatif sehingga memanggil hal-hal negatif juga. Nggak heran, yang datang pada kita malah kesialan yang bertubi-tubi.

Sehabis ‘tragedi telepon’ itu gue mulai mencoba calm down dan mencoba mensyukuri yang ada. Apa sih yang bisa gue syukuri saat itu? Well, pertama hujannya turun abis gue balik ke kosan. Coba bayangin kalo gue keujanan di jalan. Kan bisa atit emam? Kedua saldo gue di ATM juga nggak banyak-banyak amat, soalnya sebagian saldo gue dah gue transfer ke rekening bank gue yang lain. Jadi kalopun ilang (diambil pelaku cyber crime semisal) yah yang ilang juga nggak seluruhnya lah. Ketiga, sepulang dari mesin ATM tadi gue sempet beli jus semangka yang seger banget dan bia gue nikmatin di kosan. Naaaah abis itu udah deh berenti kesialannya haha.

Besok paginya gue langsung urus tuh kartu ATM sial yang ketelen mesin. Eh ternyata rekening gue udah berhasil keblokir tadi malam. Makasih ya mas-nya operator call centre haha. Tapi gue tetep penasaran dong kenapa ATM gue bisa ketelen. Kata mbak-nya yang jadi costumer service sih kemungkinan pita magnet yang ada di belakang kartu ATM gue kegores sehingga nggak kebaca ama mesinnya. Oooh yaudah deh, kirain cyber crime haha. Lagian saldo gue juga masih utuh kok jadi gue nggak jadi korban kejahatan.

Oke sekian dulu curhatannya. Ingat tiap kali mengalami masalah hadapilah dengan pikiran yang adem dan jangan panik, oke?




2 comments:

  1. Bnr, Bang Dave kl qta "Neg-think" pasti yg dateng hal2 negative juga. Bahkan hal2 yg biasapun bisa bikin merana... Hahaa...
    Great lesson, supaya kita lebih pandai bersyukur :)

    ReplyDelete
  2. Dulu kartu atm gw jg pernah ketelen karena kelamaan ga diambil, masih sibuk ngitungin uang, kartunya keluar.. gw pikir tar aja kl ud selese itung uang baru ambil. Tiba2 kartunya masuk lagi..wkwkw.. untung ATM di bank, jd bisa langsung diproses.

    ReplyDelete