Thursday, January 7, 2016

PENGALAMAN GUE DIJAMBRET DI SURABAYA

 

ENDYMION 2

*Ilustrasi gue yang lagi sedih gegara dijambret*

Ekspresi readers: "Plis deh Bang ... loe nggak seganteng itu deh perasaan ..."

Hallo guys. Kali ini gue bakal share pengalaman gue yang miris bingitz di Surabaya, yakni dijambret. Mungkin ada yang ingat beberapa tahun lalu (2 tahun yang lalu kalo nggak salah) gue pernah curhat ke kalian tentang gue yang kecopetan di busway pas pertama gue datang ke Jakarta. Nah, sekarang kejadian itu tampaknya terulang lagi dalam tingkatan yang lebih ekstrim hiks.

Sebenarnya kejadian ini pure salah gue sih *kalo boleh curhat neeeh* soalnya gue keluar malem-malem ke Hitech Mall (mall yang khusus jual komputer dan aksesorisnya, mirip-mirip Mangga Dua lah) di Surabaya buat nyari aksesoris komputer. Nah gue nggak tau tuh kalo ternyata malem-malem (gue nyampe di sana sekitar setengah 8-an deh) semua konter di sana ternyata udah tutup. Secara biasa di Jakarta ya, di sana mah jam 9 malem juga masih rame.

Jadilah gue pulang dengan tangan hampa dan gue nunggu angkot di lampu merah. Sebenarnya di sana tuh suasananya rame banget (gue nyebrang aja susah banget). Di sinilah gue jadi lalai. Untuk membunuh waktu, gue bbman ama grup MBP gue sekalian nanya-nanya ama temen gue (anak MBP) tentang tempat beli aksesoris komputer gitu lah. Eh nggak taunya gue udah diincar dari belakang (mungkin gara-gara gue ganteng kali ya).

Ekspresi readers: hoooeeeek

Perlu gue jelasin lagi, lokasi gue di perempatan lampu merah yang rame banget motor lalu lalang dan gue lagi asik duduk-duduk sambil nunggu angkot. Namun yang namanya cowok b*j*ngan ternyata ada dimana-mana.

Cewek-cewek korban PHP: *manggut-manggut*

Tiba-tiba ada yang merampas hape gue. Gue yang panik langsung ngejar si penjambret itu. Sialnya kacamata gue jauh dan karena gue anaknya rabun jauh, gue nggak berdaya kalo nggak ada kacamata gue. Apalagi itu malam yang gelap, kutermenung seorang diri *malah nyanyi* Lebih parah lagi, ternyata udah ada temen si jambret itu nunggu pake motor dan segeralah mereka melaju dengan kencang meninggalkan gue yang terlunta-lunta di trotoar.

Sumpah pas itu gue deg-degan dan cuman bisa nyebut dalam hati, “Tuhan ... Tuhan ... Tuhan mahabaik ... Terima kasih atas perlindungan-Mu ...” A weird thing for you? Nope, soalnya things definetely can escalated into worse. Gue di kala itu bawa laptop di dalam tas dan dompet gue juga berisi duit yang lumayan banyak soalnya tadi gue abis narik uang buat beli aksesoris laptop tadi. Coba bayangin kalo yang dijambret tas gue, mampus dah gue. Coba kalo ATM gue ilang dan duit gue yang berjut-jut *masih sombong* di bank dikuras, jadi gembel deh gue terus nama blog gue ganti dari “Mengaku Backpacker” jadi 3G alias “Ganteng Ganteng Gembel”.

Untuk beberapa saat gue masih deg-degan abis, bahkan berharap itu semua hanya mimpi ... dan ketika gue terbangun, hape gue masih ada plus gue punya cewek yang perhatian ke gue *tabok* Tapi itu semua sudah terjadi dan nggak bisa gue sesali. Gue emang salah sih dalam hal ini, soalnya maen hape malam-malam di tempat antah-berantah yang nggak terlalu gue kenal.

Nggak ada semenit gue kejambretan, ada motor yang jalan di trotoar menghampiri gue. Terjadilah percakapan antara gue, pengendara motor cowok, masih sekitaran SMP-SMA mungkin) ama pacarnya (cewek *ya iyalah* umurnya sekitaran sama tapi keknya lebih mudaan). Inilah sekilas percakapan gue ama dia *disertai ilustrasi supaya kalian lebih mudah ngebayangin dialognya)

Juthawut Pattarakhumphol (March) (8)tumblr_mx6hfesX4c1r6ofyto6_1280IU

*Dari kiri ke kanan: gue, si cowok, si cewek*

“Mas, tadi kenapa?” tanya si pengendara motor.

“Abis dijambret Mas. Tadi Mas liat ya?”

“Iya Mas, saya pikir tadi Mas berantem atau apa. Tadi diajak ngobrol ya ama jambretnya?”

“Nggak, tadi dia langsung aja ambil hape gue.”

“Emang di sini rawan Mas walaupun rame. Mending kalo di Surabaya membaur ama orang *dia nunjuk di seberang jalan ada tukang tambal ban, gue sebenarnya bisa nunggu angkot di sana* biar nggak sendirian. Terus tadi sebenarnya orang yang jambret Mas pake motor kena lampu merah di sana. kalo aja Mas tereak ‘Maling!’ gitu bisa saya tangkap ama temen-temen saya. Di perempatan sana juga ada pos polisi kok.”

“Buset!” pikir gue. Berani amat ya jambretnya udah tau ada pos polisi masih nekad aja. Tapi untunglah, pikir gue, masih ada aja orang yang perhatian ama gue *lirik-lirikan ama ceweknya*. Jadi tambahan tips nih buat kalian yang pulang malem, cari tempat rame dan segera respon dengan teriak kalo kalian jadi korban kejahatan biar orang-orang bisa segera nolong kalian.

Gue sekilas ngeliatin dua anak yang nyoba nolong gue itu. Mereka berdua nggak pake helm terus gue jadi teringat beberapa menit lalu ...

*flashback ala Naruto*

“NGEEEEENG NGEEEEEENG!!!” anak-anak ngebut pake motor di perempatan sambil nggak pake helm.

Gue: *geleng-geleng kepala* “Anak siapa noh. Seenaknya aja ngebut nggak jelas. Gue sumpahin kecelakaan terus mati.”

Terus pas gue akhirnya dapat angkot pulang, gue sempet liat tempat dimana anak-anak ini (teman-temannya si cowok tadi yang ngumpul) ternyata sama, seumuran dan keliaran nggak pake helm juga, lagi nongkrong di perempatan sambil makan di pinggir jalan. Kalo ada satu hal yang gue pelajarin dari pengalaman ini adalah jangan cepat-cepat nge-jugde orang. Anak-anak yang gue cibir tadi ternyata masih punya perasaan kuat buat nolongin orang saat ngeliat ada sesuatu yang nggak beres. Gue jadi merasa bersalah tadi nge-judge yang nggak-nggak ama mereka, padahal gue belum tahu siapa mereka sebenarnya. Apalagi pas itu mereka lagi pacaran. Padahal ekspresi gue tiap kali liat ada anak-anak SMP atau SMA lagi asyik pacaran di depan umum:

“Ih, apaan tuh anak kecil dah pacaran aja. Gue yang udah 20-an tahun aja belum dapet pacar ...” *sambil ambil buku kamus KBBI terus dirobek jadi dua*

Tapi seperti yang gue singgung tadi, gue masih bersyukur gue nggak kehilangan hal yang lebih berharga ketimbang hape gue, yakni laptop gue semisal atau harga diri gue *yakin masih ada? Krik krik krik* Hape dijambret nggak masalah asalkan *lirik dompet* ATM masih ada, *lirik tas* laptop masih ada, *lirik cermin* masih ganteng *yang ini cuman khayalan belaka*

Soal hape gue yang ilang, gue cuman sayang ama data-data gue yang ilang. Di sana ada data temen-temen gue di BBM, Line, dan Whatsapp. Sebagian besar masih bisa gue dapetin lagi sih. Tapi yang sayang adalah ada beberapa temen yang cuman gue punya kontaknya di hape itu.  Gue juga takut nomer gue bakalan disalahgunain ama orang jahat jadi gue langsung meringatin orang tua ama temen-temen gue lewat facebook *masih ada yang pake facebook kaga sih zaman gini?* Takutnya ada yang manfaatin nomer gue buat minta duit dll, bisa aja kan?

Untuk fisik hapenya, gue nggak sayang-sayang amat. Secara itu cuman hape Cina yang lemotnya minta ampun *gue aja setahun lalu beli itu 700 ribu huahaha* Gue sebelum kejambretan pun udah ada rencana mau beli i-phone soalnya temen baek gue ada yang bisnis i-phone getoh dan gue dah dijanjiin mau dikasi murah. Rencananya juga abis beli i-phone, hape gue yang lama itu juga mau gue buang aja ke tempat sampah.

Readers *geleng-geleng*: “Pantesan nih anak kena jambret.”

Mungkin ada di antara readers yang nanya “Bang, ada firasat sih bakalan ngalamin kejadian kayak gitu” *sambil nyodorin mike* Hmmm ... kasih tau nggak ya *tampol* Hahaha ... nggak ada premonition sih, tapi anehnya sebelum kejambret, di benak gue lagi terngiang-ngiang lagunya Ninja Hattori tanpa sebab.

Mendaki gunung lewati lembah

Sungai mengalir indah ke samudra

Bersama teman bertualaaaaang

Na na na *lupa* ...tempat yang belum pernah terjamah *ingetnya terjamah doang*

Suasana yang ramai di tengah kota

Selalu waspadalah kalo berjalan

Siap menolong orang dimana saja

Coincidence? I don’t think so ....

Jadi apa saja sih yang gue pelajarin dari pengalaman ini:

- Jangan maen hape di jalan, simpen aja biar aman

- Jangan suka ngejudge orang kalo belum tau aslinya kayak apa

- Selalu waspada kalo sendirian dan kalo bisa tetap berada di keramaian

- Jangan bicara dengan orang asing *soalnya tadi si Mas-nya tadi mikir sebelum jambret, orangnya ngajak ngobrol gue dulu, soalnya modusnya biasanya begitu*

- Jangan keluar malem-malem, apalagi kalo nggak tau jalan

- Selalu percaya Tuhan (bukannya gue hubung-hubungin, tapi emang kalo semisal gue nggak percaya Tuhan, bisa-bisa gue malah shock banget). Jadi inget ama temennya temen gue yang keilangan duit beberapa juta gara-gara ketipu. Dia langsung stress. Namun jika hal yang sama terjadi ama gue *dan pernah* yang bisa orang yang percaya pada Tuhan hanyalah pasrah, mensyukuri apa yang ada dan belum ilang, mengambil pelajaran dari kejadian itu, serta percaya dan yakin bahwa kejadian itu adalah ‘blessing in disguise’

- Jangan pelit *alasan gue nggak langsung pulang malam itu sebenarnya gara-gara gue nggak tau gue pulang naek kendaraan umum apa. Seandainya gue tau bakal kejambret, gue pasti lebih milih pulang naik taksi yang lebih aman*

- Bertobat kali ya, soalnya gue menganggap ini kayak tamparan dari Tuhan buat gue yang banyakan dosa haha.

Bisa kalian bayangin nggak sih gue nulis postingan ini cuman berselang kurang dari 3 jam sejak kejadian penjambretan tadi gue alamin hahaha.

Akhir kata, semoga kalian bisa menarik pelajaran dari peristiwa yang gue alamin sehingga kalian nggak menjadi korban ya. Dan ini pesan gue buat yang udah jambret hape gue:

“Silakan nikmati aja hape murahan gue yang lemot, Nj*ng. Itu hape ada yang beli 50 ribu aja loe dah untung banget. I hope your girlfiriend is pregnant *ini apa hubungannya lagi*”

Eskpresi para readers baca pas curhatan gue kehilangan hape:

Harapan:

young girl in a horror crying in front of the monitor laptop      

*OMG kacian bangeeeeet ... hiks"

Kenyataan:

1437630324652

*sambil ngemil aaaaah* 

UPDATE TERBARU:

Akhirnya kiriman hape baru dari Jakarta datang juga

  IMG_0278

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

*tabok*

2 comments: